Perbedaan CPU, GPU dan APU, manakah yang terbaik?

Banyak orang yang mungkin hendak merakit komputer bingung memilih antara kubu Intel dan AMD, belum lagi bingung memilih antara processor CPU dengan APU. Banyak orang yang mengira processor itu sama dengan CPU, sebenarnya pendapat itu belum benar karena processor itu ada tiga jenis, yaitu CPU, APU dan GPU. Kali ini saya akan lebih membahas tentang perbedaan processor CPU, GPU dan APU,

CPU
Perbedaan CPU, GPU dan APU, manakah yang terbaik?

Central Processing unit atau yang biasa disebut CPU adalah sebuah chip yang bertugas untuk mengolah semua data yang kita perintah. CPU bagaikan sebuah otak pada komputer kita, tanpa CPU komputer kita tidak akan bisa melakukan apa-apa.
CPU juga memiliki banyak tipe mulai dari single core sampai octa core. Untuk pemilihan CPU tergantung dari kebutuhan dan budget kita. Dan untuk pemilihan merek cpu menurut saya yang performanya cukup bagus yaitu intel dibandingkan dengan amd.

GPU
Perbedaan CPU, GPU dan APU, manakah yang terbaik?

GPU adalah singkatan dari Graphics Processing Unit. GPU bertugas untuk memproses data yang telah diolah dari CPU yang berupa gambar atau graphics. Jadi GPU adalah otaknya VGA. Untuk pemilihan GPU terdapat dua pabrikan raksasa yaitu Nvidia dan ATI Radeon.

APU
Perbedaan CPU, GPU dan APU, manakah yang terbaik?

APU adalah singkatan dari Accelerated Processing Unit. APU ini merupakan perpaduan antara CPU dan GPU. Jadi dalam processor APU ini sudah terdapat GPU core, jadi kita tidak perlu membeli VGA card untuk memainkan game kelas medium. Namun processor ini performanya kalah dibandingkan dengan CPU dan APU lebih cocok untuk PC yang tidak memainkan game yang terlalu berat. Untuk memainkan game-game berat pada APU lebih disarankan untuk membeli VGA card dan menggunakan APU yang performanya tinggi. Untuk APU saya lebih menyarankan merek AMD.

Kesimpulan
Untuk anda yang ingin memiliki PC dengan performa tinggi saya sarankan untuk memakai processor CPU dan membeli VGA card. Namun bila anda tidak memerlukan PC dengan performa yang wow saya sarankan untuk memakai processor APU.